5 Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Install Debian 9

Debian 9 merupakan sebuah sistem operasi Linux yang cukup populer. Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas hal apa saya yang perlu dilakukan setelah install Debian 9. Bagi anda yang masih awam mengenai Debian 9 ini, kami berharap tutorial berikut ini dapat membantu anda dalam menggunakan Debian. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi. Jadi ada kemungkinan perbedaan dengan orang lain. Baik, mari kita mulai. 

5 Hal Yang Perlu dilakukan setelah Install Debian 9

A. Update Debian 9

Tidak bisa dipungkiri, update sistem merupakan hal yang sangat penting. Pastikan Debian 9 anda selalu up to date untuk mendapatkan bermacam perbaikan, bug fixes dan juga penginkatan kestabilan sistem anda. Untuk melakukan update di Debian 9, anda dapat menggunakan perintah berikut ini di Terminal.

su
apt update && apt upgrade

Tunggu sampai proses update selesai. 

B. Install gDebi Package Installer

Secara default, Debian sudah memiliki package installer sendiri. Tetapi bagi sebagian orang termasuk saya, lebih nyaman menggunakan gDebi. gDebi ini adalah sebuah tool yang digunakan untuk menginstall paket atau software di lingkungan Debian dan turunannya. Untuk menginstall gdebi, jalankan perintah berikut di Terminal.

apt install gdebi

Untuk lebih tau secara detail mengenai gdebi dan penggunaannya, silahkan merujuk ke halaman ini.

C. Backup Debian

Bagi saya, backup adalah hal yang sangat penting. Anda tentu tidak ingin data-data anda hilang begitu saja karena satu dan lain hal. Anda dapat menggunakan beberapa software di Linux untuk melakukan backup, diantaranya adalah:

Deja Dup

Deja Dup merupakan sebuah aplikasi backup di Linux yang cukup bagus. Software ini dilengkapi dengan GUI yang sangat mudah di gunakan. Deja Dup mendukung beragam backup storage baik lokal maupun cloud. Anda dapat menyimpan backup anda di lokal disk, external disk, Amazon S3, Google Cloud Storage dan Rackspace. 

Install Deja Dup di Debian 9

apt install deja-dup

Output:

Software lain yang cukup bagus antara lain adalah Duplicati, Cloudberry Backup dan Syncovery. Silahkan merujuk ke artikel berikut ini untuk mempelajari lebih lanjut mengenai software tersebut dan cara install di Debian/Ubuntu.

D. Install Adobe Flash Plugin

Secara default, Debian 9 tidak dilengkapi dengan flash player atau flash plugin. Untuk itu kita harus menginstall flash plugin ini secara manual. Ikuti langkah berikut ini untuk install Flash Plugin di Debian 9.

Download Adobe Flash Plugin terlebih dahulu. Pastikan anda memilih versi Linux 64 bit jika anda menggunakan Debian 9 64 bit. Pilih yang versi npapi dan anda akan mendapatkan sebuah file dengan nama seperti: flash_player_npapi_linux.x86_64.tar.gz. Kemudian ekstrak file tersebut dengan cara klik kanan dan pilih extract here. Sekarang anda punya sebuah folder baru dengan nama flash_player_npapi_linux.x86_64. Silahkan buka folder tersebut kemudian klik kanna dan pilih Open in Terminal. Jalankan perintah berikut sebagai root.

cp libflashplayer.so /usr/lib/mozilla/plugins/
cp -r usr/* /usr

Kemudian, buka Firefox lalu tuliskan baris berikut di url untuk mengetahui apakah flash plugin sudah terinstall. 

about:plugins

Pastikan anda melihat Shockwave Flash di daftar. Lihat gambar berikut.

Selamat, anda baru saja menginstall Flash Plugin di Debian 9. 

E. Mempercantik Debian

Siapa sih yang tidak suka cantik? Demikian pula desktop kita. Kalau tampilan komputer kita cantik dan menarik, akan menambah semangat dalam bekerja. Tampilan standard Debian 9 mungkin kurang menarik bagi saya dan anda pun mungkin juga setuju. Mari kita percantik Debian 9 dengan beberapa theme dan icon theme yang modern dan oke punya. 

Saya pernah menulis tentang themes dan icon themes yang keren di tahun 2017. Sebaiknya ada cek dan aplikasikan di Debian 9 anda. Gambar diatas adalah Debian 9 dengan MacOS theme dan macOS icon theme. Silahkan anda kunjungi artikel dibawah ini. Anda akan menemukan koleksi theme yang super keren.

The best themes for Ubuntu and Debian in 2017

Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam

Ariel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *