Cara install dan konfigurasi NFS Server di ClearOS 7.2

April 5, 2016 | By | Reply More

Pada kesempatan kali ini saya akan tunjukkan bagaimana cara install dan konfigurasi NFS server di ClearOS 7.2. Seperti diketahui, ClearOS 7.2 tidak supports NFS server secara default. Tetapi kita dapat menginstall NFS di ClearOS ini dengan sangat mudah. Jika anda ingin mempelajari lebih lanjut mengenai NFS, silahkan anda merujuk ke website ini.

Langkah untuk instalasi NFS di ClearOS 7

Konfigurasi di Server

Pertama install paket nfs-utils terlebih dahulu. Paket ini yang diperlukan untuk membangun sebuh NFS Server di CentOS based Linux.

yum install nfs-utils

Kemudian langkah berikut nya adalah membuat folder atau directory baru untuk NFS tersebut.

mkdir -p /storage/nfs_01

Folder /storage/nfs_01 tersebut yang akan di “export” sebagai NFS share yang bisa digunakan oleh NFS client di network anda.

Baik, langkah selanjutnya adalah menambahkan sebuah baris konfigurasi pada file konfigurasi nfs-server. Masih di Terminal, jalankan perintah berikut

nano /etc/exports

Kemudian tambahkan baris berikut ini

/storage/nfs_01 10.34.0.6(rw,sync,no_root_squash,no_all_squash)

Catatan:

/storage/nfs_01: merupakan folder di server yang dijadikan nfs share
10.34.0.6: merupakan ip address dari nfs client. Anda bisa mengganti dengan IP address NFS client anda, atau anda bisa juga menggunakan wildcard * jika anda ingin semua IP address dapat mengakses nfs share tersebut.

Konfigurasi di Client

Hampir sama dengan Server, NFS Client juga memerlukan paket tertentu untuk bisa mengakses NFS share di server. Di Debian, anda perlu menginstall nfs-common untuk dapat mengakses nfs share folder.

sudo apt-get install nfs-common

Kemudian berikutnya perli kita buat sebuah folder baru di client sebagai mount point dari nfs share.

sudo mkdir -p /storage/nfs_client

Anda bisa mengganti dengan folder anda sendiri. Kemudian kita jalankann perintah berikut untuk mount nfs share dari server.

sudo mount 10.34.0.10:/storage/nfs_01 /storage/nfs_client

Dalam contoh ini, 10.34.0.10 adalah alamat IP NFS server. Demikian sedikit tutorial mengenai NFS Server dan Client yang mudah-mudahan bisa berguna bagi yang memerlukan. Salam Linux.

Tags: , , ,

Category: CentOS, Debian

Leave a Reply