Cara resize partisi hard disk di Windows 10 tanpa harus khawatir kehilangan data

December 7, 2015 | By | Reply More

Ada banyak alasan kenapa kadang kita harus melakukan resize pada partisi di hard disk kita. Salah satu yang sering terjadi pada saya adalah karena saya ingin menginstall OS lain di hard disk saya untuk dual boot dengan OS yang sudah ada. Beruntung, Windows 10 (dan juga Windows 8 dan Windows 7) sudah dilengkapi dengan tool yang memungkinkan kita untuk melakukan resize hard disk atau partisi tanpa harus khawatir kehilangan data.

Lalu bagaimana cara partisi hard disk tanpa kehilangan data?

Bagi pengguna Windows 10, langkah pertama adalah klik search Windows di sebelah kanan icon Windows start menu. Kemudian tuliskan diskmgmt.msc.

partisi di windows 10

Kemudian akan muncul window disk management di Windows 10 anda.

partisi di windows 10 2

Kemudian klik kanan pada partisi yang akan kita resize dan pilih Shrink Volume.

partisi di windows 10 3

Menu Shrink Volume ini akan membuat partisi baru di partisi yang sudah ada, tanpa harus menghapus data yang ada, melainkan hanya memanfaatkan ruang kosong yang tersedia.

shrink hard disk

Masukkan jumlah space yang akan anda gunakan untuk partisi yang baru kemudian tekan Shrink. Dalam beberapa saat, partisi anda yang baru akan siap anda gunakan. Langkah selanjutnya adalah mem-format partisi yang baru sebelum dapat anda gunakan. Selamat mencoba.

Tags: , ,

Category: Windows

Leave a Reply