Membangun PostgreSQL Server Menggunakan Docker di Ubuntu 18.04

Selamat Datang di Tutorial Docker Bahasa Indonesia. Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar bagaimana cara membangun sebuah PostgreSQL Server Menggunakan Docker. Saya menggunakan Ubuntu 18.04 sebagai sistem utama saya. Pada dasarnya sistem apapun yang anda gunakan, caranya sama saja karena yang penting anda memiliki Docker terinstall di OS anda.

Pada artikel sebelumnya, saya sudah tunjukkan cara Install Docker CE di Ubuntu 18.04 dan juga Install Portainer, Docker GUI di Ubuntu 18.04. Silahkan merujuk dua artikel tersebut sebelum lanjut ke tutorial ini. Jadi dalam artikel ini kita akan menjalankan PostgreSQL docker container melalui Portainer GUI. Tidak perlu anda susah susah menuliskan barisan perintah docker di Terminal. Cukup dengan beberapa klik, kita sudah bisa punya server PostgreSQL container. 

Langkah Install PostgreSQL Docker Container dengan Portainer

Buka Portainer. Caranya, buka Google Chrome atau Firefox, kemudian tuliskan http://localhost:9000 di bagian URL. Kemudian login dengan user admin dan password Portainer anda. Klik menu App Template di bagian sebelah kiri Portainer.

Scroll ke bawah sampai anda melihat PostgreSQL. Dalam contoh diatas, bisa dilihat PostgreSQL bersama beberapa aplikasi lain terlihat di halaman Portainer. Klik PostgreSQL untuk melakukan konfigurasi selanjutnya.

Tunggu beberapa saat sampai proses install dan konfigurasi selesai. 

Jika anda tidak mau menggunakan Portainer dan ingin menginstall PostgreSQL container menggunakan Terminal, anda bisa menggunakan perintah berikut ini. 

Keterangan:

–name: postgresql01  #silahkan ganti dengan nama yang anda inginkan.
-p 54320:5432  #port yang digunakan. Default port untuk PostgreSQL adalah 5432. Disini, saya menggunakan port 54320

Cara konek ke PostgreSQL

Saya biasa menggunakan PgAdmin4 untuk me-manage PostgreSQL server saya. PgAdmin4 merupakan aplikasi berbasis web yang cukup mudah digunakan. Di Ubuntu, anda bisa install PgAdmin4 menggunakan perintah berikut ini:

Jalankan PgAdmin4 kemudian tambahkan Server PostgreSQL

 

Masukkan hostname atau IP address dan port PostgreSQL. Dalam contoh ini, hostname saya adalah localhost dan port nya adalah 54320.

Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.