Belajar menanam dengan cara Hidroponik NFT System

September 2, 2015 | By | Reply More

Saat ini saya sedang tergila-gila belajar menanam sayuran dengan cara Hidroponik. Pada dasarnya ada beragam teknik hidroponik yang dapat kita terapkan. Antara lain sistem sumbu (Wick system), NFT (Nutrient Film Technique), Drip system (sistem tetes/fertigasi) dan lain lain. Untuk tahap pertama pembelajaran saya kali ini saya mencoba menggunakan NFT System yang menurut saya cukup mengasyikkan dan cukup mudah di lakukan.

Pada dasar nya, NFT System ini mengalirkan air yang berisi nutrisi dari tempat penampungan nutrisi kemudian dipompa atau dilairkan kedalam talang/paralon yang berisi tanaman. Aliran air ini cukup tipis/kecil dan kontinyu (atau ada juga yang periodik dengan timer).

hidroponik nft system

Dalam gambar diatas, ember yang berisi nutrisi hidroponik dipompa melaui selang warna biru dan didistribusikan ke paralon-paralon yang diberi lobang melalui sebuah manifold seperti gambar dibawah.

IMG_20150818_092154

Kemudian bibit tanaman dimasukkan ke dalam lobang di paralon menggunakan netpot.

IMG_20150825_103737

Saya mencoba menanam beberapa jenis sayuran seperti terong, selada dan kembang kol. Pertumbuhan tanaman dengan hidroponik ini cukup cepat. Dalam waktu satu minggu, tanaman diatas sudah tumbuh lumayan besar.

gplus-915821217

Dan juga ini

gplus1277470254

Tags: , , ,

Category: Hydroponic

Leave a Reply